Thursday, December 22, 2016

RANGKA MANUSIA



RANGKA MANUSIA
Selamat siang sahabat Lily.... bagaimana kabarnya hari ini? Di hari libur ini jangan pada malas-malasan yah.... harus tetap semangat belajar. Kali ini saya akan memposting tentang pengertian rangka manusia dan kegunaannya. Selamat membaca semoga bermanfaat 

http://www.smansax1-edu.com


A. Pengertian Rangka Manusia
Rangka manusia adalah susunan dari berbagai jenis tulang yang terhubung oleh sendi dan digerakan oleh otot. Tulang-tulang itu tersambung dan tersusun rapi dan teratur. Tulang yang tersusun secara teratur membentuk rangka. Rangka inilah yang menentukan bentuk tubuh kita. Tulang rangka manusia tersusun oleh zat kapur, fosfor, dan zat perekat. Tulang keras banyak mengandung zat kapur, fosfor, dan hanya sedikit zat perekat. Adapun tulang rawan, banyak mengandung zat perekat atau protein, namun sedikit zat kapur sehingga bersifat lentur. Bagian tubuh yang tersusun dari tulang rawan antara lain daun telinga dan cuping hidung.
Sesuai dengan letaknya rangka terdiri dari 3 bagian, yaitu rangka tengkorak, rangka badan dan rangka alat gerak. Bagian-bagian rangka tersebut saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya membentuk tubuh. Rangka tubuh mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan dan kesempurnaan hidup manusia.
Tubuh kita dapat berdiri tegak karena ditunjang oleh rangka. Karena letaknya di dalam tubuh, maka disebut rangka dalam (endoskeleton). Pada hewan berbuku-buku seperti udang, serangga dan kepiting, rangka terletak diluar tubuh sehinga disebut rangka luar (eksoskeleton), wujudnya berupa kulit yang mengeras.
Rangka tubuh kita disusun oleh 3 jenis jaringan, yaitu jaringan tulang keras, jaringan tulang rawan, jaringan ikat sendi (ligamen). Tulang penysun rangka, kurang lebih berjumlah 206. Jumlah yang pasti itu ditentukan oleh umur. Rangka bayi kurang lebih berjumlah 250 buah tulang, kemudian dalam perkembangan lebih lanjut ada sejumlah tulang yang tumbuh menjadi satu. Tulang merupakan jaringan yang hidup. Ia dapat tumbuh dan memerlukan makanan. Penyusunnya terdiri dari sel-sel tulang, zat kapur (kalsium), fosfor dan zat perekat (collagen).

B. Guna rangka
Secara umum guna rangka adalah sebagai berikut :
  1. Untuk menegakan tubuh serta menentukan bentuk tubuh.
  2. Melindungi jaringan lunak yang mudah rusak, misalnya otak, jantung, paru-paru, hati, dan jaringan saraf tulang belakang.
  3. Tempat melekatnya otot-otot rangka.
  4. Tempat pembentukan sel darah merah, keping darah dan sel darah putih.
  5. Bersama-sama dengan otot merupakan  alat gerak. Rangka disebut alat gerak pasif, sedangkan otot disebut alat gerak aktif.

Share:

0 comments:

Post a Comment