Friday, August 26, 2016

LAPISAN-LAPISAN TANAH

Hai adik-adik...! kakak mau memposting tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bab tanah dan batuan. buat adik-adik yang sekarang duduk di bangku kelas IV, V dan VI bisa kok membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya.


Tanah berasal dari pelapukan berbagai macam batuan. pelapukan terjadi karena suhu, air, tumbuh-tumbuhan an bahan kimia. Tanah merupakan sumber penghidupan manusia dan makhluknya hidup. Tanah dapat diolah menjadi tanah pertanian untuk menghasilakan bahan-bahan kebutuhan . Hasil pertanian dapat kita olah menjadi bahan makanan, pakaian dan obat-obatan.


Tanah terdiri dari beberapa lapisan. Bagian-bagian tanah pada setiap lapisan berbeda-beda. perbedaan itu disebabkan karena bahan-bahan yang terkandung di dalam tanah itu tidak sama. Lapisan-lapisan tanah antara lain :

1. Tanah lapisan atas

Tanah lapisan atas berwarna gelap kehitam-hitaman. Tanah lapisan atas gembur dan subur. Tanah ini subur karena banyak mengandung humus dan berbagai jasad hidup. Tanah ini cocok untuk kehidupan tumbuh-tumbuhan.

2. Tanah lapisan bawah

Warna tanah lapisan bawah lebih muda daripada warna tanah lapisan atas. Tanah ini kurang subur karena sedikit mengandung humus dan jasad hidup.

3. Lapisan bahan induk

Bahan induk tanah berwarna kemerah-merahan. Tanah lapisan atas dan tanah lapisan bawah berasal dari induk tanah.

4. Lapisan batuan induk

Batuan induk itu pejal dan merupakan lapisan yang paling bawah. 


Sedikit dulu penjelasan dari tanah, tunggu lagi ya adik-adik postingan berikutnya. Budayakan membaca karena membaca adalah jendela ilmu.

Share:

0 comments:

Post a Comment