Friday, June 24, 2016

FAUNA YANG BERADA DI INDONESIA BAGIAN TIMUR

huum pagi yang indah tak terasa sudah beberapa bulan blog ini nganngur nyampek di lalerin.alhamdulillah masih diberi kesempatan untuk menulis, pagi ini ayo kita belajar tentang fauna yang berada  di indonesia bagian timur.


v FAUNA YANG BERADA DI INDONESIA BAGIAN TIMUR INDONESIA
Fauna Indonesia di bagian Timur Indonesia atau disebut tipe australic tersebar di wilayah Papua, Halmahera, dan Kepulauan Aru. Fauna berupa mamalia yang menghuni wilayah ini antara lain kangguru, beruang, walabi, landak irian (nokdiak), kuskus, pemanjat berkantung (oposum layang), kangguru pohon, & kelelawar. Di wilayah Indonesia ini, tidak ditemukan kera. Di samping mamalia tersebut, terdapat pula reptil seperti biawak, buaya, ular, kadal. Berbagai jenis burung ditemui di wilayah Indonesia ini di antaranya burung cenderawasih, nuri, raja udang, kasuari, dan namudur. Jenis ikan air tawar yang ada di relatif sedikit.

Di bawah ini merupakan jenis fauna bagian Timur Indonesia, yang termasuk bagian timur Indonesia yaitu Papua (Irian), Kepualauan Maluku pulau-pulau kecil disekitarnya. Antara lain :

1.    Buaya Irian merupakan salah satu fauna bagian Timur Indonesia, yang tepatnya berada di Irian. Pada umumnya buaya mempunyai habitat di perairan air tawar seperti danau, rawa dan sungai, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara. Buaya di bagian timur Indonesia memiliki ciri-ciri hampir sama dengan di tempat lainnya.

2.    Burung Nuri diatas memiliki kurang lebih 35.000 spesies. Burung Bayan jantan berparuh merah dan burung Bayan betina berparuh hitam. Persebaran burung bayan ini berada di hutan dataran rendah, savana, hutan bakau dan perkebunan kelapa di Maluku, kepulauan Sunda Kecil, Irian, Australia, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

3.    Burung kasuari merupakan salah satu jenis burung akan tetapi burung kasuari ini tidak dapat terbang seperti jenis burung lainnya. Burung kasuari  di Indonesia merupakan salah satu hewan yang dilindungi dan juga menjadi fauna identitas Provinsi Papua Barat. Burung kasuari termasuk burung paling berbahaya di dunia.





Share:

0 comments:

Post a Comment